Analisis Web E-Commerce Bukalapak
1.Pendahuluan
Perdagangan elektronik atau e-commerce adalah
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barangdan jasa melalui
sistemelektronik sepertiinternetatautelevisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce
dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data
otomatis.Industriteknologi informasimelihat kegiatan e-dagang ini sebagai
aplikasi dan penerapandarie-bisnis(e-business) yang berkaitan dengan transaksi
komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain
management), e-pemasaran (e-marketing),atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (onlinetransaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas,tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www,
e-dagang juga memerlukan teknologi basisdataataupangkalan data(databases),
e-surat atausurat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang
lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk
e-dagang ini.E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat
pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di
suatu halaman-web (website).MenurutRiset Forrester , perdagangan elektronik
menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada2003. Menurut laporan yang
lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat
non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US
pada tahun 2011.
2.Analisis
http://www.bukalapak.com adalah sebuah website yang termasuk dalam electronic
commerce yang menjual produk-produk berupa elektronik, furniture, property,
aksesoris, dan lain-lain. Website ini merupakan website buatan Indonesia,
sehingga memudahkan bagi konsumen (terutama yang berasal dari Indonesia) untuk
memahami informasi yangdisampaikan oleh si penjual. Berikut adalah gambaran
mengenai tampilan yang dapatdisajikan dalam website tersebut :
a. Tampilan
Tampilan desain web ini secara keseluruhan termasuk
dalam web yang bagus. Webini memiliki tampilan dengan warna yang kontras dan
simple sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat-lihat barang atau poduk
yang ditawarkan.
b. Desain
• Pada halaman awal web, pengunjung akan ditunjukkan
pada beberapa konten produk barang-barang pilihan dan barang-barang ngetop yang
terdapat pada kolomkanan dan kiri. Akan tetapi, produk-produk yang ada pada web
ini secara keseluruhan terpisah-pisah sesuai dengan pengelompokan barang-barang
yang ditawarkan.
• Pada bagian head web ini, terdapat ucapan “
selamat datang “ dan menu untuk login atau daftar bagi pengunjung.
• Pada bagian atas, pengunjung akan diberikan
pilihan menu jenis barang yang ingin dilihat. Dari menu ini kita dapat melihat
keseluruhan barang-barang yang disediakan secara kelompok, contoh: jika kita
klik motor, maka yang akan tampil adalah semua produk motor yang ditawarkan
oleh web ini. Informasi yang dapat diperoleh bila kita mengklik menu pilihan
tersebut adalah mengenai tanggal, jenis barang, harga, daerah produk, harga.
• Di halaman tengah atau utama yang terdapat pada
awal web, penjual menampilkan barang pilihan dan barang ngetop yang dapat
mempengaruhi pengunjung untuk memilikinya. Berbeda pada produk yang ditawarkan
pada menu pilihan yangterdapat pada bagian atas web ini, produk-produk pada
bagian ini menyertakan.
3. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Berjualan di Bukalapak Untuk Penjual :
- Notifikasi SMS setiap ada pesanan
- Feedback positif setiap transaksi sukses
- Kepastian menerima uang pembayaran
- Perhitungan ongkos kirim otomatis
- Jaminan aman berkat Paymen System
- Promo di waktu tertentu dari Bukalapak
- Beragam metode pembayaran dan pengiriman
- Jika dibandingkan Pesaing sejenis, Bukalapak kurang gencar memberikan promo kepada pelanggan
- Hanya menjual pulsa dan paket data, sedangkan pesaing sudah menyediakan pembelian token PLN, pembayaran tagihan listrik, Tiket Kereta dan Iuran BPJS.
- Barang yang dijual tidak terjamin keaslian merknya.
- Promo gratis ongkos kirim bisa dimanfaatkan penjual nakal untuk mencari keuntungan dengan membeli barangnya sendiri dengan akun lain dan mengambil untung dari selisih ongkos kirim.
4. Komentar / SaranSitus yang berasal dari Indonesia ini sudah dapat dikatakan bagus menurut isinya. Bagian-bagian yang diperlukan pengunjung untuk mengetahui informasi secara lebih lengkap telah tersedia. Hanya saja dari segi penampilan masih kurang menarik karena pilihan warna yang agak pucat ( kurang cerah ). Sehingga masih diperlukan perbaikanagar semakin banyak pengunjung yang datang pada web http://www.bukalapak.com.
Sumber :- https://blog.bukalapak.com/2013/05/mengapa-belanja-di-bukalapak-com-aman/
- https://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak
- http://dawimmasturo.blogspot.co.id/2013/05/analisis-situs-web-e-commerce.html
- https://id.techinasia.com/bukalapak-melejit-di-tahun-2013-berharap-lebih-di-tahun-2014/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar