Senin, 03 April 2017

Sistem Informasi di Bidang E-COMMERCE


Analisis Web E-Commerce Bukalapak

https://silviosilviando.files.wordpress.com/2016/12/wp-1480741252562.png


1.Pendahuluan

      Perdagangan elektronik atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barangdan jasa melalui sistemelektronik sepertiinternetatautelevisi, www,  atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.Industriteknologi informasimelihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapandarie-bisnis(e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing),atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (onlinetransaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas,tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdataataupangkalan data(databases), e-surat atausurat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).MenurutRiset Forrester , perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.


2.Analisis

       http://www.bukalapak.com adalah sebuah website yang termasuk dalam electronic commerce yang menjual produk-produk berupa elektronik, furniture, property, aksesoris, dan lain-lain. Website ini merupakan website buatan Indonesia, sehingga memudahkan bagi konsumen (terutama yang berasal dari Indonesia) untuk memahami informasi yangdisampaikan oleh si penjual. Berikut adalah gambaran mengenai tampilan yang dapatdisajikan dalam website tersebut :
 


a. Tampilan

      Tampilan desain web ini secara keseluruhan termasuk dalam web yang bagus. Webini memiliki tampilan dengan warna yang kontras dan simple sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat-lihat barang atau poduk yang ditawarkan.


b. Desain

• Pada halaman awal web, pengunjung akan ditunjukkan pada beberapa konten produk barang-barang pilihan dan barang-barang ngetop yang terdapat pada kolomkanan dan kiri. Akan tetapi, produk-produk yang ada pada web ini secara keseluruhan terpisah-pisah sesuai dengan pengelompokan barang-barang yang ditawarkan.

• Pada bagian head web ini, terdapat ucapan “ selamat datang “ dan menu untuk login atau daftar bagi pengunjung.

• Pada bagian atas, pengunjung akan diberikan pilihan menu jenis barang yang ingin dilihat. Dari menu ini kita dapat melihat keseluruhan barang-barang yang disediakan secara kelompok, contoh: jika kita klik motor, maka yang akan tampil adalah semua produk motor yang ditawarkan oleh web ini. Informasi yang dapat diperoleh bila kita mengklik menu pilihan tersebut adalah mengenai tanggal, jenis barang, harga, daerah produk, harga.

• Di halaman tengah atau utama yang terdapat pada awal web, penjual menampilkan barang pilihan dan barang ngetop yang dapat mempengaruhi pengunjung untuk memilikinya. Berbeda pada produk yang ditawarkan pada menu pilihan yangterdapat pada bagian atas web ini, produk-produk pada bagian ini menyertakan.



3. Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Berjualan di Bukalapak Untuk Penjual :

  •   Notifikasi SMS setiap ada pesanan
  •   Feedback positif setiap transaksi sukses
  •   Kepastian menerima uang pembayaran
  •   Perhitungan ongkos kirim otomatis
Kelebihan Belanja di Bukalapak Untuk Pembeli :

  •   Jaminan aman berkat Paymen System
  •   Promo di waktu tertentu dari Bukalapak
  •   Beragam metode pembayaran dan pengiriman
Kekurangan:

  •  Jika dibandingkan Pesaing sejenis, Bukalapak kurang gencar memberikan promo kepada pelanggan
  • Hanya menjual pulsa dan paket data, sedangkan pesaing sudah menyediakan pembelian token PLN, pembayaran tagihan listrik, Tiket Kereta dan Iuran BPJS.
  • Barang yang dijual tidak terjamin keaslian merknya.
  • Promo gratis ongkos kirim bisa dimanfaatkan penjual nakal untuk mencari keuntungan dengan membeli barangnya sendiri dengan akun lain dan mengambil untung dari selisih ongkos kirim.

    4. Komentar / Saran
    Situs yang berasal dari Indonesia ini sudah dapat dikatakan bagus menurut isinya. Bagian-bagian yang diperlukan pengunjung untuk mengetahui informasi secara lebih lengkap telah tersedia. Hanya saja dari segi penampilan masih kurang menarik karena pilihan warna yang agak pucat ( kurang cerah ). Sehingga masih diperlukan perbaikanagar semakin banyak pengunjung yang datang pada web http://www.bukalapak.com.



    Sumber :
    • https://blog.bukalapak.com/2013/05/mengapa-belanja-di-bukalapak-com-aman/
    • https://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak
    • http://dawimmasturo.blogspot.co.id/2013/05/analisis-situs-web-e-commerce.html
    • https://id.techinasia.com/bukalapak-melejit-di-tahun-2013-berharap-lebih-di-tahun-2014/








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulisan 3

Analisis PR Bukalapak.com Public Relations  di sini berperan penting sebagai mediator. Bukalapak.com memposisikan seorang  Public...