1.1 Unit Kerja
Struktur organisasi yang digambarkan dalam bagan organisasi
merupakan sumber otoritatif. Dari struktur organisasi dapat terlihat tugas,
wewenang, dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dalam organisasi dan
hubungan antar bagian dalam organisasi itu. Suatu struktur organisasi yang baik
apabila dilaksanakan dengan konsekuensi akan menjadi dasar kuat bagi
tercapainya tujuan perusahaan. Berikut struktur organisasi yang terdapat pada
perusahaan Bukalapak.com di divisi marketing.
Karena penelitian ini berfokus pada pengelolaan social media facebook yang dilakukan oleh divisi Marketing subdivisi Public Relations.
Gambar 4.17 Struktur Bukalapak.com
(Sumber:
Hasil wawancara dengan pihak Bukalapak.com,
Human Resources Division)
Adapun tugas dan wewenang dari setiap bagian dari struktur
organisasi Bukalapak.com pada divisi marketing
adalah sebagai berikut:
a)
Marketing
Division
Divisi Marketing betugas untuk membuat
Bukalapak.com semakin laku di pasaran bisa dilihat dari sisi pertumbuhan
penjual, pembeli, citra dan komunitas yang terbentuk, Divisi Marketing menjadi 4 subdivisi yaitu:
1. Merchant Relations
2. ADS
3. Growth
4. Community
b)
Merchant
Relations
Subdivisi Merhant Relations memiliki tugas untuk
membangun relasi antar seller.
Dimulai dari top seller, sampai ke seller yang baru. Selain itu adanya
subdivisi public relations di sini
membuat divisi ini pun bertanggung jawab kepada relasi dengan publik. Pada Merchant Relations
terbagi menjadi 2 subdivisi:
a)
Merchant
Acquisition
Merhant Acquisition bertugas untuk
membangun relasi kepada Top Seller maupun calon seller yang akan dipersuasi untuk join berjualan di Bukalapak.com maupun dengan menggunakan agen
untuk memperkaya barang yang ada di Bukalapak.com.
b) Public Relations
Public Relations bertugas untuk
membangun relasi dengan media untuk publisitas positif. Mengelola social media (facebook & twitter)
dan juga pengelolaan newsletter
serta memantau pemberitaan baik positif dan negatif perusahaan.
c)
ADS
Subdivisi ADS memiliki tugas untuk memastikan ADS apa yang efektif untuk Bukalapak.com
dan mengimplementasikannya. Seperti memasang
ADS pada google.
d)
Growth
Subdivisi Growth bertugas untuk membangun dan
mempertahankan growth Bukalapak.com
yang dipantau melalui google analytics. Growth
di sini dimaksudkan dengan kunjungan ke dalam situs Bukalapak.com. Ada 4 yang dilihat dalam pertumbuhan growth Bukalapak.com itu sendiri.
Pertama dilihat dari SEO (organik
dari google search), Direct Link (langsung
ke situs), Social Media, dan SEM.
e)
Community
Subdivisi Community memiliki jobdesk untuk menjalin relasi dengan komunitas-komunitas seller dari segala region di Indonesia.
Seperti membuat gathering seller Jakarta, Bandung dan Semarang.
Memantau perkembangan komunitas seller
melalui whatsapp group. Melakukan
kunjungan-kunjungan ke institusi pendidikan untuk melakukan branding Bukalapak.com itu sendiri.
1.1.1
Profil Informan
Dalam penelitian ini, informan ditentukan dengan teknik
semi-struktur interview yaitu
pengambilan informan dengan cara memilih orang yang tepat yang mampu memberikan
data yang akurat. Terdapat 4 informan yang dipilih di dalam penelitian ini yang
dibagi menjadi 2 pihak, dari pihak internal dan eksternal. Pihak internal yang
dipilih adalah CEO dan Head of Marketing&Public
Relations, sedangkan pihak eksternal yang dipilih adalah top seller
dan buyer Bukalapak.com.
a)
CEO
Nama : Achmad Zaky
Jabatan :
CEO Bukalapak.com
Bapak Achmad
Zaky sebagai CEO Bukalapak.com dipilih menjadi informan karena CEO memiliki
tanggung jawab yang besar kepada perusahaan dan mengetahui kelebihan dan
kekurangan perusahaan. Laporan yang masuk setiap minggunya akan dinilai secara
langsung oleh Bapak Achmad Zaky, baik laporan dari divisi marketing dan subdivisi di dalamnya.
b) Head of Marketing&Public Relations
Nama :
Adhitya Insan Mahaputra
Jabatan : Head
of Merchant Relations&Public Relations
Bapak Adhitya
Insan Mahaputra sebagai Head of Merchant
Relations&Public Relations
dipilih menjadi informan karena Head
yang melakukan delegasi tugas kepada public
relations untuk mengelola konten social media Bukalapak.com. Marketing lunch meeting juga selalu diadakan
setiap hari selasa dan dipimpin oleh Bapak Adhitya sendiri, untuk menilai
seberapa besar kesuksesan pengelolaan konten fanpages facebook
Bukalapak.com.
c) Top Seller
Nama : Naga Natio
Jabatan : Owner Monster Bike Bellezza
Bapak Naga Natio
sebagai Owner Monster Bike Bellezza
dipilih menjadi informan karena Monster Bike Asia adalah salah satu top seller
Bukalapak.com, Monster Bike mencatat transaksi serta feedback positif yang tinggi. Bapak Naga Natio sering sekali
diundang oleh Bukalapak.com pada setiap event
yang diadakan oleh Bukalapak. Bapak Naga Natio dimuat dalam blog Bukalapak.com untuk kisah
suksesnya. Monster Bike adalah salah satu penjual sepeda dan aksesoris yang
terkenal di kalangan penikmat road bike dan fixie bike.
d)
Buyer
Nama : Renny Wijayanti
Posisi : Buyer Bukalapak.com
Ibu Renny
Wijayanti sebagai buyer Bukalapak.com
dipilih menjadi informan karena Ibu Renny merupakan salah satu buyer aktif melakukan transaksi di
Bukalapak.com. Ibu Renny biasanya membeli barang dari Bukalapak.com sebanyak 2
atau 3 kali selama satu bulan.
1.2
Analisis Hasil Penelitian dan Pembahasan
Berdasarkan tujuan dari penelitian yaitu untuk pengelolaan konten
facebook yang dilakukan oleh
Bukalapak.com melalui tips and trick jual
beli online serta dalam mem-branding rekening bersama (payment system) dan untuk mengetahui
strategi pengelolaan facebook dalam
memelihara kepercayaan konsumen (brand
trust kepada Bukalapak.com), maka dilakukan analisis hasil penelitian dan
pembahasan sebagai berikut.
1.2.1
Analisis
Penelitian Tentang Pengelolaan Konten Facebook
Dalam penelitian ini berfokus pada pengelolaan konten facebook yang dilakukan oleh
Bukalapak.com. Baik dilihat dari konten tentang tips&trick jualan online
dan juga konten tentang rekening bersama (payment
system), yang bertujuan untuk melihat
apakah pengelolaan facebook
Bukalapak.com dapat memelihara kepercayaan konsumen terhadap perusahaan
Bukalapak.com itu sendiri.
Praktisi PR yang mengelola konten facebook Bukalapak.com harus mengerti dan tahu apa yang ditulis dan
dibagikan. Konten yang dibuat dan dibagikan tersebut harus menarik perhatian
para user yang melakukan like pada fanpages Bukalapak.com.
1.2.1.1 Analisis PR Bukalapak.com
Public Relations di sini berperan penting sebagai mediator. Bukalapak.com
memposisikan seorang Public Relations sebagai
orang yang mengatur segala komunikasi perusahaan kepada publik. Komunikasi yang
terlihat jelas adalah dengan Social Media
facebook. Pesan yang disampaikan oleh
perusahaan melalui praktisi PR diharapkan
bisa membangun hubungan yang baik dengan publik perusahaan itu sendiri. Dalam
hal ini seorang PR akan mengkomunikasikan apa yang diinginkan oleh perusahaan
kepada publik begitu pula apa yang diinginkan publik terhadap perusahaan.
Public Relations memiliki kemampuan untuk
menyelesaikan masalah (sebagai problem
solver). Pengguna jasa Bukalapak.com
mempunyai sifat dan karakter yang beragam baik dari penjual maupun pembeli.
Karena itu seorang PR akan
beradaptasi, bertoleransi dan berusaha memahami publik dari perusahaan.
Pengguna jasa Bukalapak.com memiliki berbagai sifat dan
karakter. Sebagai seorang Public
Relations mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan publik dari Bukalapak itu
sendiri. Penyelesaian masalah, menjawab pertanyaan sampai membangun relasi ke media
akan membuat citra yang positif bila ditangani dengan tepat dan cepat.
Manajemen konten seperti yang sudah disebutkan sebelumnya diharapkan mampu
menarik perhatian publik Bukalapak.com pada facebook.
Transparansi penyelesaian masalah dan menjawab complain yang masuk melalui fanpages
pun harus dilakukan guna menghindarkan perusahaan dari citra negatif
(menutup-nutupi masalah).
sumber: hesis.binus.ac.id/doc/Bab4Doc/2013-2-00883-MC%20Bab4001.doc
kalo struktur organisasinya bukalapak gimana ya?
BalasHapusSAYA MAU NOMOR TELEPON DIREKSI BUKALAPAK DONK... PENJUAL DI BUKALAPAK SELQLU DI RUGIKAN OLEH PEMBELI... MENTANG2X PEMBELI MEMBELI PAKET PEMBELI PRIORITAS GOLD... PENJUQL SELALU KALAH... SDH QDA BUKTI VIDEO SEGALA MACAM SELALU KALAH.
Hapuspengangguran protes mulu
HapusEmang ini bukan termasuk struktur organisasinya ysh?
BalasHapusgan, bisa minta sumber dari artikel yang di posting gan. karena saya buka di hesis.binus.ac.id/doc/Bab4Doc/2013-2-00883-MC%20Bab4001.doc
BalasHapusgak bisa gan. tks
Struktur organisasi nya yang terbaru dnk
BalasHapusSaya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.
BalasHapus