Jumat, 07 Juli 2017

Struktur Organisasi Bukalapak

1.1 Unit Kerja


Struktur organisasi yang digambarkan dalam bagan organisasi merupakan sumber otoritatif. Dari struktur organisasi dapat terlihat tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari masing-masing bagian dalam organisasi dan hubungan antar bagian dalam organisasi itu. Suatu struktur organisasi yang baik apabila dilaksanakan dengan konsekuensi akan menjadi dasar kuat bagi tercapainya tujuan perusahaan. Berikut struktur organisasi yang terdapat pada perusahaan Bukalapak.com di divisi marketing. Karena penelitian ini berfokus pada pengelolaan social media facebook yang dilakukan oleh divisi Marketing subdivisi Public Relations.


 



 Gambar 4.17 Struktur Bukalapak.com
(Sumber: Hasil wawancara dengan pihak  Bukalapak.com, Human Resources Division)

Adapun tugas dan wewenang dari setiap bagian dari struktur organisasi Bukalapak.com pada divisi marketing adalah sebagai berikut:
a)    Marketing Division
Divisi Marketing betugas untuk membuat Bukalapak.com semakin laku di pasaran bisa dilihat dari sisi pertumbuhan penjual, pembeli, citra dan komunitas yang terbentuk, Divisi Marketing menjadi 4 subdivisi yaitu:
1.      Merchant Relations
2.      ADS
3.      Growth
4.      Community
b)   Merchant Relations
Subdivisi Merhant Relations memiliki tugas untuk membangun relasi antar seller. Dimulai dari top seller, sampai ke seller yang baru. Selain itu adanya subdivisi public relations di sini membuat divisi ini pun bertanggung jawab kepada relasi dengan publik. Pada Merchant Relations terbagi menjadi 2 subdivisi:
a)      Merchant Acquisition
Merhant Acquisition bertugas untuk membangun relasi kepada Top Seller maupun calon seller yang akan dipersuasi untuk join berjualan di Bukalapak.com maupun dengan menggunakan agen untuk memperkaya barang yang ada di Bukalapak.com.
b)      Public Relations
Public Relations bertugas untuk membangun relasi dengan media untuk publisitas positif. Mengelola social media (facebook & twitter) dan juga pengelolaan newsletter serta memantau pemberitaan baik positif dan negatif perusahaan.
c)    ADS
Subdivisi ADS memiliki tugas untuk memastikan ADS apa yang efektif untuk Bukalapak.com dan mengimplementasikannya. Seperti memasang ADS pada google.
d)   Growth
Subdivisi Growth bertugas untuk membangun dan mempertahankan growth Bukalapak.com yang dipantau melalui google analytics. Growth di sini dimaksudkan dengan kunjungan ke dalam situs Bukalapak.com. Ada 4 yang dilihat dalam pertumbuhan growth Bukalapak.com itu sendiri. Pertama dilihat dari SEO (organik dari google search), Direct Link (langsung ke situs), Social Media, dan SEM.
e)    Community
Subdivisi Community memiliki jobdesk untuk menjalin relasi dengan komunitas-komunitas seller dari segala region di Indonesia. Seperti membuat gathering seller Jakarta, Bandung dan Semarang. Memantau perkembangan komunitas seller melalui whatsapp group. Melakukan kunjungan-kunjungan ke institusi pendidikan untuk melakukan branding Bukalapak.com itu sendiri.


1.1.1        Profil Informan


Dalam penelitian ini, informan ditentukan dengan teknik semi-struktur interview yaitu pengambilan informan dengan cara memilih orang yang tepat yang mampu memberikan data yang akurat. Terdapat 4 informan yang dipilih di dalam penelitian ini yang dibagi menjadi 2 pihak, dari pihak internal dan eksternal. Pihak internal yang dipilih adalah CEO dan Head of Marketing&Public Relations, sedangkan pihak eksternal yang dipilih adalah top seller dan buyer Bukalapak.com.
a)    CEO
Nama               : Achmad Zaky
Jabatan             : CEO Bukalapak.com
Bapak Achmad Zaky sebagai CEO Bukalapak.com dipilih menjadi informan karena CEO memiliki tanggung jawab yang besar kepada perusahaan dan mengetahui kelebihan dan kekurangan perusahaan. Laporan yang masuk setiap minggunya akan dinilai secara langsung oleh Bapak Achmad Zaky, baik laporan dari divisi marketing dan subdivisi di dalamnya.


b)   Head of Marketing&Public Relations
           Nama               : Adhitya Insan Mahaputra
           Jabatan                       : Head of Merchant Relations&Public Relations
Bapak Adhitya Insan Mahaputra sebagai Head of Merchant Relations&Public Relations dipilih menjadi informan karena Head yang melakukan delegasi tugas kepada public relations untuk mengelola konten social media Bukalapak.com. Marketing lunch meeting juga selalu diadakan setiap hari selasa dan dipimpin oleh Bapak Adhitya sendiri, untuk menilai seberapa besar kesuksesan pengelolaan konten fanpages facebook Bukalapak.com.

c)    Top Seller
Nama               : Naga Natio
Jabatan                        : Owner Monster Bike Bellezza
Bapak Naga Natio sebagai Owner Monster Bike Bellezza dipilih menjadi informan karena Monster Bike Asia adalah salah satu top seller Bukalapak.com, Monster Bike mencatat transaksi serta feedback positif yang tinggi. Bapak Naga Natio sering sekali diundang oleh Bukalapak.com pada setiap event yang diadakan oleh Bukalapak. Bapak Naga Natio dimuat dalam blog Bukalapak.com untuk kisah suksesnya. Monster Bike adalah salah satu penjual sepeda dan aksesoris yang terkenal di kalangan penikmat road bike dan fixie bike.


d)   Buyer
Nama               : Renny Wijayanti
Posisi               : Buyer Bukalapak.com
Ibu Renny Wijayanti sebagai buyer Bukalapak.com dipilih menjadi informan karena Ibu Renny merupakan salah satu buyer aktif melakukan transaksi di Bukalapak.com. Ibu Renny biasanya membeli barang dari Bukalapak.com sebanyak 2 atau 3 kali selama satu bulan.


1.2                 Analisis Hasil Penelitian dan Pembahasan

Berdasarkan tujuan dari penelitian yaitu untuk pengelolaan konten facebook yang dilakukan oleh Bukalapak.com melalui tips and trick jual beli online serta dalam mem-branding rekening bersama (payment system) dan untuk mengetahui strategi pengelolaan facebook dalam memelihara kepercayaan konsumen (brand trust kepada Bukalapak.com), maka dilakukan analisis hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut.

1.2.1        Analisis Penelitian Tentang Pengelolaan Konten Facebook


Dalam penelitian ini berfokus pada pengelolaan konten facebook yang dilakukan oleh Bukalapak.com. Baik dilihat dari konten tentang tips&trick jualan online dan juga konten tentang rekening bersama (payment system), yang bertujuan untuk melihat apakah pengelolaan facebook Bukalapak.com dapat memelihara kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Bukalapak.com itu sendiri.
Praktisi PR yang mengelola konten facebook Bukalapak.com harus mengerti dan tahu apa yang ditulis dan dibagikan. Konten yang dibuat dan dibagikan tersebut harus menarik perhatian para user yang melakukan like pada fanpages Bukalapak.com.


1.2.1.1  Analisis PR Bukalapak.com


Public Relations di sini berperan penting sebagai mediator. Bukalapak.com memposisikan seorang Public Relations sebagai orang yang mengatur segala komunikasi perusahaan kepada publik. Komunikasi yang terlihat jelas adalah dengan Social Media facebook. Pesan yang disampaikan oleh perusahaan melalui praktisi PR diharapkan bisa membangun hubungan yang baik dengan publik perusahaan itu sendiri. Dalam hal ini seorang PR akan mengkomunikasikan apa yang diinginkan oleh perusahaan kepada publik begitu pula apa yang diinginkan publik terhadap perusahaan.
Public Relations memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah (sebagai problem solver). Pengguna jasa Bukalapak.com mempunyai sifat dan karakter yang beragam baik dari penjual maupun pembeli. Karena itu seorang PR akan beradaptasi, bertoleransi dan berusaha memahami publik dari perusahaan.
Pengguna jasa Bukalapak.com memiliki berbagai sifat dan karakter. Sebagai seorang Public Relations mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan publik dari Bukalapak itu sendiri. Penyelesaian masalah, menjawab pertanyaan sampai membangun relasi ke media akan membuat citra yang positif bila ditangani dengan tepat dan cepat. Manajemen konten seperti yang sudah disebutkan sebelumnya diharapkan mampu menarik perhatian publik Bukalapak.com pada facebook. Transparansi penyelesaian masalah dan menjawab complain yang masuk melalui fanpages pun harus dilakukan guna menghindarkan perusahaan dari citra negatif (menutup-nutupi masalah).

sumber: hesis.binus.ac.id/doc/Bab4Doc/2013-2-00883-MC%20Bab4001.doc

7 komentar:

  1. kalo struktur organisasinya bukalapak gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA MAU NOMOR TELEPON DIREKSI BUKALAPAK DONK... PENJUAL DI BUKALAPAK SELQLU DI RUGIKAN OLEH PEMBELI... MENTANG2X PEMBELI MEMBELI PAKET PEMBELI PRIORITAS GOLD... PENJUQL SELALU KALAH... SDH QDA BUKTI VIDEO SEGALA MACAM SELALU KALAH.

      Hapus
  2. Emang ini bukan termasuk struktur organisasinya ysh?

    BalasHapus
  3. gan, bisa minta sumber dari artikel yang di posting gan. karena saya buka di hesis.binus.ac.id/doc/Bab4Doc/2013-2-00883-MC%20Bab4001.doc
    gak bisa gan. tks

    BalasHapus
  4. Struktur organisasi nya yang terbaru dnk

    BalasHapus
  5. Saya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.

    BalasHapus

Tulisan 3

Analisis PR Bukalapak.com Public Relations  di sini berperan penting sebagai mediator. Bukalapak.com memposisikan seorang  Public...